Welcome

Rabu, 19 Agustus 2009

Terlambat Haid


KOMPAS.com - Datangnya haid merupakan saat yang dinanti-nantikan kaum hawa. Bagaimana tidak, bila haid terlambat datang, biasanya akan muncul rasa khawatir, jangan-jangan telah terjadi sesuatu pada tubuh wanita tersebut.


Siklus menstruasi pada perempuan bervariasi, biasanya antara 35 hari. Ada yang yang haidnya sangat teratur, misalnya 28 hari sekali, tapi tak sedikit yang jaraknya berubah-ubah. Selain itu lamanya waktu menstruasi juga bisa berbeda. Hal ini terjadi karena kadar hormon yang diproduksi tubuh berbeda antara satu siklus dengan lainnya, sehingga banyaknya darah yang keluar juga berbeda.


Bila Anda belum menopause, tidak menggunakan alat kontrasepsi, dan aktif secara seksual, haid yang terlambat datang bisa menjadi tanda kehamilan. Namun, bila hasil pemeriksaan menunjukkan tanda negatif, ada beberapa penyebab.


Bila keterlambatan haid hanya berubah sekali-kali, kemungkinan besar masih normal dan bisa disebabkan oleh stres, kelelahan maupun konsumsi obat/jamu yang tidak tepat. Diet ketat atau penurunan berat badan yang terlalu drastis juga bisa menyebabkan haid tdak teratur atau bahkan tidak haid.


Tetapi, bila periode datangnya haid terlalu jauh, mungkin Anda bisa memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui masalah yang sebenarnya, termasuk melihat adanya kemungkinan anovulatoar yang artinya ovarium tidak menghasilkan sel telur. Hal ini bisa mengakibatkan kemandulan.


Beberapa perempuan juga mengalami menstruasi yang tidak teratur karena tubuhnya memproduksi terlalu banyak androgen, yang juga menyebabkan tumbuhnya rambut pada wajah dan dada, serta seringkali berhubungan dengan naiknya berat badan secara berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar